Selasa, 13 Maret 2012

Tips Mencegah Facebook diHack

Tips untuk mencegah hacking facebook ini berguna untuk anda yang pernah atau merasa dalam ancaman seseorang yang entah dengan motif apa sedang mencoba menghack akun fb anda.



Sebelum membahas mengenai cara pencegahan hacking facebook terlebih dahulu saya ciba sedikit mengulas cara-cara yang digunakan oleh-oleh facebook hacker untuk membobol akun FB milik orang lain dari yang sebatas saya tahu.
Cara Menghack Facebook

Hacking Facebook 1
Metode Fake Login
Facebook Fake Login
Fake Login secara kurang lebih bisa diartikan sebagai halaman palsu, yaitu sebuah halaman yang dibuat sedemikian rupa sama persis dengan halaman web tertentu,misal Facebook. Namun dalam halaman fake login tersebut telah terdapat sebuah script yang sedemikian rupa hingga jika kita malkukan login di halaman tersebut maka username dan password kita akan diketahui oleh orang yang membuat fake login tersebut.
Bagaimana membedakan halaman asli login dan halaman fake login? Sebenarnya caranya cukup mudah yaitu dengan melihat di url address pada browser kita serperti gambar dibawah ini




url atau alamat yang benar adalah facebook.com atau http://www.facebook.com/ atau https://login.facebook.com/login.php?login_attempt=1 jika kita salah memasukkan username dan password. Selain dari alamat tersebut adalah alamat palsu atau fake login yang mana seseorang akan mendapatkan username dan password kita. Dan yang lebih parah lagi dalam beberapa kasus yang pernah ditemui bukan hanya akun Facebook kita yang dicuri namun juga Akun Email kita pun juga akan ikut tercuri, sehingga pilihan untuk mereset ulang password ke alamat email sewaktu kita mendaftar akan sia sia karena kita juga tidak bisa mengakses akun email kita. Kenapa demikian? Dalam beberapa kasus seringkali dijumpai seseorang mempuyai password yang sama untuk banyak akun. Password untuk email, untuk Facebook, untuk Friendster dan lainnya seringkali sama.

Tips Menghindari Fake Login Facebook
• Waspada terhadap fake login, biasa dikirim via email, pesan atau lewat apapun yang mengandung unsur link yang merngarah ke halaman fake login tersebut. Kata kta yang mengandung link bisa bervariasi,mulai dari Klik disini, seegera klik, dan kata kata yang menarik kita untuk melakukan klik di link tersebut.
• Jika terlanjur klik jangan melakukan login di halaman tersbut, usahakan lihat url di address bar browser kita seperti gambar diatas
• Usahakan untuk membuat password yang berbeda dalam setiap akun terutama email buat seunik mungkin.Karena hanya akses via email yang bisa menyelamatkan akun Facebook dan Friendster serta akun lainnya.

Hacking Facebook 2
Metode Biodata Diri
Langkah hacking Facebook dan situs pertemanan lainnya dengan metode ini menggunkan cara semacam logika atu penalaran, tidak memerlukan keahlian khusus bahasa program dan sebagainya. tingkat keberhasilannya boleh dibilang masih berkisar 50:50. Berikut adalah cara hacking Facebook dengan metode biodata diri ini. Saya harap tulisan ini tidak disalahgunakan untuk kepentingan yang tidak baik
Dalam Facebook di tab Info kita kadang menuliskan biodata pribadi berupa: tempat tanggal lahir, alamat rumah, alamat email, kode pos bahkan ada yang nama orang tua dan sebagainya. Berbekal inilah para pencari password mencoba menemukan akun facebook kita melalui mencuri password email yang kita gunakan untuk mendaftar di Facebook.
Pertama mereka mencoba mengakses email tersebut, email yang paling populer digunakan untuk mendaftar yaitu saat ini yaitu Yahoo dan Gmail. Masing masing mempunyai karakteristik yang berbeda.
Yahoo:
Pertanyaan keamanan pertama
• Tanggal lahir lengkap Tahun, Bulan Tanggal
• Negara asal
• Kode Pos

Pertanyaan Keaman kedua
bersifat lebih spesifik, misal siapa nama binatang peliharaan,siap nama…. Dan sebagainya
Pertanyaan Keaman ketiga
Pilihan ini hanya muncul jika kita mempunyai akun email alternative dan orang yang berusaha mencuri password kita tidak bisa menyebut email alternative kita tersebut

Dalam banyak kasus pada pertanyaan pertama mereka sudah mendapat dari info di Facebook bahan jawaban yang hamper selalu benar, walalu kadang ada yang tidak menuliskannya dengan benar dan bahkan ada yang tidak memuatnya di kolom info.
Pada pertanyaan kedua dan ketiga mereka bermain tebak menebak tergantung pertanyaan keamanan yang ada. Pada beberapa percobaan seringkali kita dapaat menjawab pertanyaan keamanan terutama dari seseorang yang kita kenal atau teman dari teman kita.

Gmail
Hanya mempunyai satu pertanyaan keamanan yang sama dengan jenis pertanyaan kemanan kedua di Yahoo,sehingga boleh dibilang lebih mudah di tebak tanpa harus melewati tahap pertama dalam email Yahoo

Jika mereka berhasil melewati tahapan diatas, mereka akan mencoba mereset ulang password Facebook kita sehingga link untuk mendapatkan password baru tersebut akan dikirim ke email kita yang sudah mereka kuasai. Tamatlah riwayat akun Facebook kita. Metode ini kurang lebih juga berlaku bagi akun email lain seperti telkom.net, hotmail dan sebagainya

dikuti dari catatan : http://www.facebook.com/notes/rheeantz-aw/hacking-facebook-2/135182412981

demikian sedikit yang semoga bermanfaat buat pencegahan hacking akun facebook

0 komentar:

Posting Komentar