BENTUK UMUM
y = f(x) = ax2 + bx + c
x variabel bebas; y variabel tak bebas;
a,b,c konstanta ; a ¹ 0
NILAI EKSTRIM
Bentuk y = ax² + bx + c dapat ditulis menjadi y = a(x+b/2a)² - D/4a
Dapat disimpulkan : y ekstrim = -D/4a yang dicapai bila x = -b/2a
Dapat disimpulkan :
y = a(x - x ekstrim)² + y ekstrim
Ket: : Fungsi kuadrat mempunyai nilai ekstrim, maksimum atau minimum tergantung dari nilai a.
Tanda dari a
a Parabola Terbuka Grafik
a > 0 Ke atas
Mempunyai nilai minimum
a < 0 Ke bawah
Mempunyai nilai maksimum
GRAFIK
Grafik fungsi kuadrat adalah sebuah PARABOLA.
Untuk melukiskannya harus diperhatikan
1) TITIK POTONG DENGAN SUMBU-X
y=O ® ax²+ bx + c = 0 (bentuk Persamaan Kuadrat)
KEMUNGKINAN-KEMUNGKINAN
Diskriminan PK Akar PK Titik Potong Dengan Sumbu x Grafik
D > 0 2 akar berlainan 2 titik potong
D = 0 akar kembar 1 titik potong (titik singgung)
D < 0 tidak ada akar Tidak ada titik potong
2) TITIK POTONG DENGAN SUMBU-Y
x=0 ® y=c ® (0, c)
KEMUNGKINAN-KEMUNGKINAN
c > 0
c < 0
c = 0
memotong sumbu y di atas
memotong sumbu y di bawah
melalui titik (0,0)
3. SUMBU SIMETRI
(Garis sejajar sumbu-y yang menjadikan parabola simetris).
Persamaan sumbu simetri x = -b/2a
Ket. : Dari sumbu simetri ini dapat ditentukan tanda dari b.
4. TITIK PUNCAK
Puncak (-b/2a , -D/4a)
5. UNTUK MELENGKAPI GRAFIK, DIAMBIL BEBERAPA NILAI X DAN Y SECUKUPNYA
KOMBINASI TANDA a dan D
a>0
a<0
Ket :
Untuk D < 0 dan a > 0 Grafik selalu berada di atas sumbu x.
(fungsi selalu bernilai positip / DEFINIT POSITIF).
Untuk D < 0 dan a < 0 Grafik selalu berada di bawah sumbu x.
(fungsi selalu bernilai negatip l DEFINIT NEGATIP).
BENTUK UMUM
y = f(x) = ax2 + bx + c
x variabel bebas; y variabel tak bebas;
a,b,c konstanta ; a ¹ 0
NILAI EKSTRIM
Bentuk y = ax² + bx + c dapat ditulis menjadi y = a(x+b/2a)² - D/4a
Dapat disimpulkan : y ekstrim = -D/4a yang dicapai bila x = -b/2a
Dapat disimpulkan :
y = a(x - x ekstrim)² + y ekstrim
Ket: : Fungsi kuadrat mempunyai nilai ekstrim, maksimum atau minimum tergantung dari nilai a.
Tanda dari a
a Parabola Terbuka Grafik
a > 0 Ke atas
Mempunyai nilai minimum
a < 0 Ke bawah
Mempunyai nilai maksimum
GRAFIK
Grafik fungsi kuadrat adalah sebuah PARABOLA.
Untuk melukiskannya harus diperhatikan
1) TITIK POTONG DENGAN SUMBU-X
y=O ® ax²+ bx + c = 0 (bentuk Persamaan Kuadrat)
KEMUNGKINAN-KEMUNGKINAN
Diskriminan PK Akar PK Titik Potong Dengan Sumbu x Grafik
D > 0 2 akar berlainan 2 titik potong
D = 0 akar kembar 1 titik potong (titik singgung)
D < 0 tidak ada akar Tidak ada titik potong
2) TITIK POTONG DENGAN SUMBU-Y
x=0 ® y=c ® (0, c)
KEMUNGKINAN-KEMUNGKINAN
c > 0
c < 0
c = 0
memotong sumbu y di atas
memotong sumbu y di bawah
melalui titik (0,0)
3. SUMBU SIMETRI
(Garis sejajar sumbu-y yang menjadikan parabola simetris).
Persamaan sumbu simetri x = -b/2a
Ket. : Dari sumbu simetri ini dapat ditentukan tanda dari b.
4. TITIK PUNCAK
Puncak (-b/2a , -D/4a)
5. UNTUK MELENGKAPI GRAFIK, DIAMBIL BEBERAPA NILAI X DAN Y SECUKUPNYA
KOMBINASI TANDA a dan D
a>0
a<0
Ket :
Untuk D < 0 dan a > 0 Grafik selalu berada di atas sumbu x.
(fungsi selalu bernilai positip / DEFINIT POSITIF).
Untuk D < 0 dan a < 0 Grafik selalu berada di bawah sumbu x.
(fungsi selalu bernilai negatip l DEFINIT NEGATIP).
Menentukan Fungsi Kuadrat
Pada umumnya grafik suatu fungsi kuadrat y = ax² + bx + c akan tertentu jika diketahui 3 titik yang dilaluinya. Hal khusus jika melalui titik puncak, cukup diketahui melalui 2 titik saja.
diketahui melalui
misalkan fungsi
1)Tiga titik sembarang (x1,y1) ; (x2,y2) dan (x3,y3) y = ax² + bx + c
(a = ? ; b=? ; c = ?)
2) Titik potong dengan sumbu x
(x1,0) ; (x2,0) serta sebuah titik sembarang (x3,y3) y = a (x - x1) (x - X2)
( a = ? )
3) Titik Puncak (xp, yp)
dan sebuah titik sembarang (X2,Y2) Y = a (x - xp)² + yp
( a = ? )
Ket:
Dengan mensubstitusi titik-titik yang dilalui dan menyelesaikan persamaannya maka nilai a, b dan c yang dibutuhkan dapat dicari, sehingga fungsi kuadrat yang dimaksud dapat ditentukan.
0 komentar:
Posting Komentar